Pesantren Putri

 

Merupakan salah satu dari sekitar 40 lembaga Pendidikan yang ada di Yayasan Perguruan Islam As-syafi’iyah, sekolah dari Taman Kanak-Kanak hingga Universitas, Pesantren Khusus Yatim, Majlis-majlis Taklim dan berbagai organisasi didalamnya. Pendiri Utama dari Perguruan Islam As-syafi'iyah ini adalah Alm. KH. Abdullah Syafi'ie (10/8/1910-3/9/1985). Beliau dikenal sebagai tokoh yang tegas, penuh semangat perjuangan dan kharismatik, beliau merupakan ulama besar dari Betawi. Saat Peresmian Pesantren PUTRA pada hari itu dihadiri ribuan orang, adalah juga hari peletakan batu pertama pembangunan Pesantren PUTRI diatas lahan 2,5H letaknya di Desa Jatiwaringin, Jakarta Timur. Cita-cita KH. Abdullah Syafi'ie adalah menjadikan desa yang awalnya penuh rawa tersebut sebagai MADIINATUTH-THULLAAB, artinya KOTA PELAJAR. 

Putri sulungnya, Almh Prof. DR. Tutty Alawiyah AS, MA ditunjuk oleh beliau sebagai ketua sekaligus penanggung jawab pembangunan pesantren Putri. Bahkan dahulu, projek pendirian Pesantren Putri As-Syafi'iyah ini disebut sebagai "PROJEK PEMBANGUNAN PESANTREN Dra. Hj. Tutty Alawiyah AS", karena banyak dana yang terhimpun dari Majelis Taklim. Dengan kerja keras dan dukungan dari berbagai pihak, alhamdulillah setahun kemudian Pesantren PUTRI As-Syafi'iyah diresmikan dan dimulai kegiatan belajar mengajar, tepatnya pada tanggal 15 Januari 1977.  Alm. KH. Abdullah Syafi'ie mengamanatkan pengasuhan dan pengelolaan Pesantren PUTRI As-Syafi'yah Jatiwaringin kepada putri bungsunya, Almh Ustz. Hj. Ida Farida AS dengan didampingi oleh suaminya Alm. Uztadz HM. Agus Alwy. Keduanya memimpin Pesantren PUTRI dengan menangani langsung program-program kegiatan yang dilaksanakan baik di dalam kelas maupun kegiatan ibadah dsbnya.

 

Meskipun pembangunan fisiknya baru selesai sekitar 40% namun dengan izin ALLAH SWT kegiatan belajar mengajar tetap dapat berlangsung dengan baik, Alhamdulillah wasyukrulillah. Kini banyak yang telah berubah dari sejak PUTRI diresmikan, beberapa fasilitas utama telah dibangun kembali, karena sudah termakan usia juga untuk memperbaiki fasilitas dan demi memajukan PUTRI. Seperti contohnya Aula Pesantren, kerusakannya sangat berat dan tidak bisa hanya direnovasi. Pembangunan kembali Aula tersebut memakan waktu yang tidak sebentar, 10 tahun. Aula yang kini dinamakan Aula Putri 'Rugayyah' diambil dari nama almh. Ibunda dari Ustzh. Hj. Ida Farida AS yang meninggal pada saat beliau masih bayi. Para santri datang dari 17 Propinsi, dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua, bermukim di sini. Beberapa orang pelajar pernah datang dari Negara Singapura, Malaysia dan Amerika, bahkan pernah ada dari London, dan Rumania (anak Indonesia berdomisili di LN) mereka belajar agama dengan tekun.

Kami seluruh keluarga besar Pesantren Putri As-Syafi'iyah kini meneruskan perjuangan orangtua kami, guru kami, idola kami, Almh. Hj. Ida Farida AS dan Alm. H.M. Agus Alwy, mengabdi di pesantren PUTRI, semata karena ALLAH dan mencintai pendidikan. Insya ALLAH.

Visi dan Misi Pesantren PUTRI

VISI

 

Mendidik santri PUTRI menjadi individu yang sukses menurut Al-Qur'an, yaitu seorang hamba yang meraih keberhasilan di dunia dan akhirat, Insya Allah.  Muslimah yang tafaqquh fiddin dan berakhlaqul karimah serta memiliki aqidah islamiyah yang kuat.

 

MISI

 

Melaksanakan program pendidikan santri PUTRI secara efektif serta menciptakan lingkungan belajar islami yang kondusif bagi santri PUTRI. Melaksanakan pembinaan dan bimbingan santri secara intensif dan konsisten, menumbuhkan perilaku positif, jujur, dan bertanggungjawab serta menerapkan sikap dan perilaku teladan

Telepon:

021 8462237

Alamat: 

Jalan Raya Jatiwaringin no.45 Kecamatan Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat 17411 Indonesia

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now